Selasa, 16 April 2013

Komunitas Gunung Merapi

Padepokan Tjipta Boedaja
Dusuan Tutup Ngisor, Desa Sumber, kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang

Sitras Anjilin
Didirikan pada tahun 1937 oleh Romo Yoso Sudarmo (1885-1990) padepokan ini dipimpin oleh Sitras Anjilin. Jenis kesenian yang di milikinya: Wayang Wong, Wayang Topeng, Wayang Menak, Ande-ande Lumut, Kethoprak, Jathilan Campur, Grasak. Acara yang rutin di gelar tahunan adalah 1. Suran yang diselenggarakan tiap tanggal 15 Suro,  Ritual Wayang Sakral, Kirab Jatilan dll. 2. Maulid Nabi menggelar gamelan sekaten selama 7 hari dan pada puncaknya menggelar Wayang Menak. 3. Hari Raya Idul Fitri  4. Tanggal 17 Agustus pentas 17-an dan 5. Merti Dusun menggelar pentas Wayang kulit semalam suntuk.
Pimpinan kelompok ini tak jarang juga menggarap seni kontemporer atau seni moderen
Karyanya : Wayang Waton, Wayang Bocah Kolosal, Tari Grasak, Tari Jathilan Campur dll. Selain itu kelompok ini telah menggelar pentas di berbagai kota Indonesia. Pimpinannya bahkan pernah menggunjungi beberapa negara sebagai kiprah kebudayaan.

Pentas Wayang Bocah
PADEPOKAN TJIPTA BOEDAJA TUTUP NGISOR

Didirikan pada 1937 oleh Romo Yoso Sudarmo (1885--1990) di Dusun Tutup Ngisor, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sekitar tujuh kilometer barat daya puncak Gunung Merapi, di tepi aliran Sungai Senowo. Mereka yang saat ini dipimpin Sitras Anjilin, sebagai kepemimpinan generasi kedua, memiliki tradisi empat pentas wajib wayang orang, yakni bertepatan dengan Tahun Baru Jawa, Sura, perayaan Idul Fitri, Maulud Nabi Muhammad SWT, dan HUT RI. Tradisi perayaan Sura atau biasa dikenal "Suran Tutup Ngisor" sebagai agenda tahunan dusun selama sekitar satu minggu, dilakukan keluarga besar padepokan dengan berbagai relasi kulturalnya di berbagai kota. Tradis itu berupa rangkaian prosesi ritual yang khitmad, khususnya untuk doa kesuburan atas pertanian yang puncaknya berupa pentas wayang orang dengan lakon "pakem" yakni "Lumbung Tugu Mas". Sejak beberapa tahun terakhir, mereka juga menjadi tempat pelaksanaan program"live in" para pelajar berbagai kota besar dan luar negeri.
 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar